Vapor Popular Ghost Theme Versi HTMLy

Vapor adalah salah satu tema populer dari platform Ghost yang dibuat oleh Seth Lilly. Sangat minimalist karena tujuan dari tema ini adalah Content. Nah kali ini saya mengkonversi Vapor ke platform HTMLy.

Vapor

Minimal and responsive with a focus on typography, Vapor is a theme that embodies the core concept of Ghost—it fades into the background, bringing the focus to your content.

Ada beberapa tambahan untuk versi HTMLy karena Ghost tidak mendukung kategori dan beberapa content type yang ada di HTMLy. Bandingkan saja versi asli dan versi HTMLy (untuk sementara Danlogs dan HTMLy demo menggunakan tema ini).

Pada author profile supaya sesuai dengan aslinya tambahkan class bio seperti berikut pada setiap paragraph.

<p class="bio">Just another HTMLy user.</p>

Download HTMLy Vapor.

HTMLy 2.6.6: Pengembangan Multi Bahasa dan Paginasi

Rilis kali ini mungkin terlihat sepele tapi sebagai sebuah produk sangatlah penting yaitu multi bahasa. Jadi sekarang HTMLy mendukung misal postingan ditulis menggunakan bahasa Vietnam.

Apa yang baru?

  • Dukungan multi bahasa yang lebih lengkap dengan menggunakan URLify.
  • Paginasi. Sekarang HTMLy mendukung paginasi misal Page 1 of 10 dan paginasi yang lebih advance seperti pada blog ini. Bahkan kalian bisa membuat sendiri dengan menggunakan variable yang ada.
  • Penambahan variabel-variabel baru misal $tag->title atau $archive->title. Lihat blog saya yang danpros.com untuk demonya.

Tema-tema yang saya konversi ke HTMLy juga sudah saya update supaya menggunakan variabel-variabel terbaru.

Clean Blog Free Bootstrap Theme Versi HTMLy

Ini adalah tema ketiga yang saya konversi ke tema HTMLy. Sangat cocok untuk blogger yang suka tampilan minimalis. Design dan HTML template-nya dibuat oleh Start Bootstrap.

Clean Blog

Clean blog is a carefully styled Bootstrap blog theme that is perfect for personal or company blogs.

Header image bisa diganti berdasarkan tipe halaman misal homepage, kategori, profil dll. khusus untuk halaman postingan, header image mengambil featured image. Download: HTMLy Clean Blog.

HTMLy 2.6.5: Static Frontpage, Tema Baru, dan Pengembangan

Cukup banyak permintaan tentang fitur static frontpage, dan pada rilis kali ini yaitu HTMLy v2.6.5 fitur tersebut sudah tersedia, masih sangat basic sebenarnya karena untuk bener-bener custom kita perlu mengubahnya langsung dari file templatenya.

Apa yang baru?

  • Static frontpage. Tambahkan konfigurasi berikut di config.ini:
    static.frontpage = "true"
  • Ada dua tema baru yang saya konversi dari WordPress meskipun tidak masuk dalam package-nya: Twenty Fifteen dan Ignite.
  • Pengembangan pada post navigation (previous dan next).
  • Penambahan active class pada custom menu.
  • Beberapa perbaikan bugs.

Post Navigation

Kalian pasti ingat navigasi lama pada Medium.com kan? nah untuk pengembangan ini terinspirasi post navigation di Medium.com.

Sebelumnya variabel pada post navigation hanya tersedia URL dan title, sekarang semua variabel yang ada di single post juga bisa dipanggil melalui post navigation ini. Sangat berguna misal ingin menyertakan gambar, deskripsi, kategori, tags, author, atau bahkan isi postingan untuk navigasinya.

Bagi yang sudah menginstal cukup mengunjungi halaman update sedangkan untuk instalasi baru bisa mendowload installernya di Github.

WordPress Ignite Theme Versi HTMLy

Setelah sebelumnya saya mengkonversi tema WordPress Twenty Fifteen ke tema HTMLy maka sekarang saya mengkonversi tema WordPress yang lain yaitu Ignite Theme yang dibuat oleh Compete Themes LLC.

Ignite Theme

Ignite is a responsive blog theme. It includes logo tools, social media icons, a left- or right-sidebar layout, five fonts, custom background colors, and many additional display options. There is also a premium upgrade for Ignite called Ignite Plus. See our fully-setup live demo at https://www.competethemes.com/ignite-live-demo/

Untuk mendowloadnya bisa mengunjungi reponya di Github: HTMLy Ignite Theme.