Blog pindah ke VPS low end

Blog ini sekarang menggunakan VPS low-end dari natvps.com, untuk spesifikasinya pilih yang termasuk rendah bahkan versus ponsel Android pun bisa kalah:

  • CPU 202 Mhz
  • RAM 128 MB
  • HDD 2.2 GB

Meskipun begitu tapi loading cukup cepat dan stabil. NAT VPS ini dalam satu container hanya memiliki 1 IPv4 sehingga ibaratnya seperti shared hosting akan tetapi kita memiliki kebebasan untuk menentukan misal OS-nya.

Dengan menggunakan proxy (Nginx) dan port forwarding (iptables) maka biaya pembuatan 1 VPS bisa ditekan dengan sangat rendah.

Nilai ideal ServerLimit dan MaxClients pada Apache

Pada web server Apache besarnya RAM sangatlah menentukan perfoma website kita, jadi semakin besar RAM maka website kita jadi bisa semakin banyak menerima pengunjung yang datang secara bersamaan.

Permasalahan yang sering muncul adalah server kekurangan memory yang mengakibatkan Apache harus menggunakan swap memory (disk) yang berakibat loading website kita menjadi sangat lambat.

Misal ada 200 orang yang masuk secara bersamaan padahal daya tampungnya hanya 100 tapi karena kita salah dalam menentukan server limit dan max clients pada httpd.conf maka ke 200 orang tersebut tetap masuk secara bersamaan dan bukannya mengantri per 100 orang.

HTTPS untuk SEO dan rangking di SERP

Dengan menggunakan protokol HTTPS akan memberikan keamanan lebih bagi para pengunjung sebuah situs, dan akhirnya Google memasukkan HTTPS sebagai salah satu faktor perangkingan SERP. Jadi dengan menggunakan protokol HTTPS maka akan meningkatkan SEO website kita.

Berikut pengumuman oleh Google Online Security:

For these reasons, over the past few months we’ve been running tests taking into account whether sites use secure, encrypted connections as a signal in our search ranking algorithms. We’ve seen positive results, so we’re starting to use HTTPS as a ranking signal. For now it's only a very lightweight signal—affecting fewer than 1% of global queries, and carrying less weight than other signals such as high-quality content—while we give webmasters time to switch to HTTPS. But over time, we may decide to strengthen it, because we’d like to encourage all website owners to switch from HTTP to HTTPS to keep everyone safe on the web.

Bisa dibaca selengkapnya di artikel HTTPS as a ranking signal.

Menjadi kerugian tersendiri dari sisi SEO bagi yang belum menggunakan protokol HTTPS ini, apalagi harga sertifikat SSL sekarang sudah sangat-sangat terjangkau.

Bagaimana? tertarik beralih ke protokol HTTPS?