Seputar Algoritma Pencarian Google

Diperbarui   /   Terbit di Internet   /   Komentar

Google memiliki algoritma pencarian baru yaitu "Hummingbird". Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui seputar algoritma ini:

Algoritma Pencarian Google

Apa yang dimaksud dengan "algoritma pencarian"?

Istilah teknik yang bisa diartikan sebagai sebuah resep yang Google gunakan untuk menyortir milyaran halaman web supaya mendapatkan jawaban yang dipercaya paling relevan.

Apakah "Hummingbird" itu?

Hummingbird adalah nama dari algoritma pencarian Google, diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dari algoritma sebelumnya.

Jadi "PageRank" sudah mati?

Jawaban singkatnya adalah "Tidak". PageRank merupakan salah satu dari 200 lebih aspek yang masuk dalam algoritma Hummingbird.

Kenapa diberi nama Hummingbird?

Google mengibaratkan algoritma ini layaknya burung Hummingbird, yaitu tepat dan cepat.

Kapan Hummingbird mulai digunakan?

Google mulai menggunakan algoritma Hummingbird sejak bulan Agustus 2013 akan tetapi baru diumumkan pada bulan September 2013.

Kapan terakhir kali Google mengganti algoritmanya?

Pada tahun 2010, Caffeine Update merupakan perubahan besar, akan tetapi perubahan tersebut hanyalah untuk memperbaiki pengindeksan dan bukan perubahan secara keseluruhan. Kepala pencarian Google Amit Singhal mengungkapkan bahwa terakhir kali Google melakukan perubahan besar-besaran dengan menulis ulang algoritmanya adalah pada tahun 2001.

Lalu bagaimana dengan Panda serta Penguin update?

Panda dan Penguin merupakan bagian dari algoritma terdahulu akan tetapi masih digunakan dalam algoritma baru ini.