Sertifikat SSL Gratis dari Cloudflare

Salah satu fitur yang saya tunggu-tunggu dari Cloudflare adalah sertifikat SSL gratis untuk versi free account. Akhirnya sejak bulan Oktober ini Cloudflare menepati janjinya tersebut.

Bagi yang belum mengetahuinya coba masuk ke akun Cloudflare maka nanti akan ada notifikasi kalau SSL sudah enabled di akun kamu.

Sekarang coba klik tanda gear dan pilih Cloudflare settings lalu scroll ke seksi SSL, nah disini kita bisa memilih tipe SSL yang ingin kita gunakan.

SSL Gratis dari Cloudflare

Berikut penjelasan dari tipe-tipe SSL-nya:

  • Off -- Tidak ada koneksi melalui SSL antara pengunjung dan Cloudflare. SSL dimatikan.
  • Flexible SSL -- Adanya koneksi SSL antara pengunjung dan Cloudflare. Pengunjung akan melihat SSL di blog kita tapi tidak ada koneksi SSL antara Cloudflare dan blog kita.
  • Full SSL -- Semua koneksi antara pengunjung dan Cloudflare serta Cloudflare ke blog kita melalui SSL semua. Memerlukan SSL di server kita. Sertifikat SSL tersebut bisa SSL resmi dari provider tertentu atau kita buat sendiri (self-signed).
  • Full SSL (Strict) -- Seperti pada Full SSL akan tetapi sertifikat SSL yang terinstal di server kita harus SSL resmi dari provider misal Comodo dll.

Author: Danang Probo Sayekti

A self-proclaimed geek, business owner, and part-time blogger.

Comments on “Sertifikat SSL Gratis dari Cloudflare”