Apa itu Lighttpd? Kelebihan dan Kekurangan

Lighttpd

Lighttpd (atau "lighty") adalah perangkat lunak server web yang aman, cepat, fleksibel, dan berkinerja tinggi yang dikembangkan pada tahun 2003 oleh Jan Kneschke sebagai bukti konsep untuk memecahkan masalah c10k.

Lighttpd ini adalah perangkat lunak gratis yang ditulis dalam bahasa pemrograman C dan didistribusikan di bawah persyaratan lisensi BSD.

Kelebihan dari lighttpd adalah kecepatannya, ini dikarenakan penggunaan memori yang lebih kecil dibandingkan server HTTP lainnya, serta manajemen beban CPU yang lebih baik. Sedangkan kekurangan utama lighttpd dibandingkan kompetitornya Apache adalah ia tidak mendukung file .htaccess.

Lighttpd digunakan oleh situs besar seperti YouTube, SourceForge.net, atau server gambar Wikipedia. Sekarang berada di posisi ke-7 dari server web yang paling banyak digunakan menurut penelitian Netcraft.

Dukungan aplikasi

Lighttpd mendukung antarmuka FastCGI, SCGI dan CGI, memungkinkan aplikasi web yang ditulis dalam bahasa pemrograman apa pun untuk digunakan dengan server.

Sebagai bahasa yang sangat populer, PHP telah mendapat perhatian khusus. FastCGI Lighttpd dapat dikonfigurasi untuk mendukung PHP dengan cache opcode (seperti APC) dengan baik dan efisien.