Membuat Komentar Disqus di Blogger SEO Friendly

Diperbarui   /   Terbit di Coding   /   Komentar

Sudah menjadi rahasia umum kalau Disqus tidaklah SEO friendly. Tapi dengan melakukan cara tertentu misal menginstall plugin maka komentar pada Disqus bisa terindeks oleh mesin pencari.

Untuk platform WordPress bisa menggunakan Disqus Comment System yang salah satu fungsinya yaitu mensinkronisasikan komentar yang ada di Disqus ke database WordPress.

Untuk platform Blogger sendiri, pihak Disqus juga sudah menyediakan fitur sinkronisasi komentar. Kemarin sudah mencoba fitur ini dan ternyata memang benar kalau bisa terindeks. Berikut adalah gambar komentar Disqus pada postingan sebelumnya:

Disqus SEO

Hasil pencarian yang membuktikan kalau komentar bisa terindeks:

Disqus SEO Friendly

Berikut adalah cara membuat komentar Disqus di Blogspot menjadi SEO friendly:

Pertama login ke Disqus. Kemudian klik Admin -> Settings -> Pilih blog pada menu dropdown (lihat gambar berikut).

Disqus Admin

Setelah itu klik Discussions -> Import -> pilih Blogger pada tab (lihat gambar berikut).

Disqus Import Comments

  • Klik Import Comments from Blogger jika kamu ingin komentar yang sudah ada di Blogger secara otomatis muncul di Disqus nantinya.
  • Klik Enable syncing supaya komentar yang ada di Disqus tersinkronisasi dengan komentar di Blogspot.

Pastikan opsi Siapa yang dapat mengomentari pada settingan di Blogspot dipilih Anybody (Semua Orang). Untuk Lokasi Komentar saya memilih Jendela munculan (Popup window).

Setting Disqus untuk Blogger

Dan Komentar pembaca juga diperbolehkan.

Komentar Pembaca

Jadi sistemnya begini:

  • Ketika kita berkomentar di Disqus maka secara otomatis komentar tersebut langsung muncul juga di Blogger
  • Nah komentar di Blogger inilah yang nanti muncul di html (komentar asli) tapi disembunyikan dari pembaca dan digantikan dengan komentar dari Disqus dengan menggunakan script
  • Komentar yang disembunyikan dari pembaca itulah yang nanti dibaca oleh para mesin pencari, jadi mesin pencari mendapatkan komentar asli dari blogspot sedangkan pembaca mendapatkan komentar dari Disqus

Ada satu kelemahan terbesar yaitu ketika kita mengedit komentar di Disqus setelah dipublikasikan maka komentar di Blogspot tidak terupdate, ini disebabkan karena Blogger tidak memperbolehkan kita mengedit komentar yang ada.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka komentar dari Disqus di platform Blogspot akan menjadi SEO friendly dan akan terindeks oleh mesin pencari.

Baca juga Disqus widget untuk Blogspot, WordPress, dan Tumblr.