Sertifikat SSL Gratis dari StartSSL

Setelah Google memasukan HTTPS sebagai salah satu faktor perangkingan SERP maka sekarang semakin banyak situs ataupun blog yang menggunakan protokol HTTPS ini.

Harga dari sertifikat SSL sangatlah bervariasi dari yang gratis sampai yang berharga ribuan dollar. Yang paling menarik tentu saja yang gratis, nah ada provider yang memberikan sertifikat SSL secara gratis yaitu StartSSL.

Meskipun gratis tapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, hampir semua browser modern mendukung sertifikat SSL gratisan ini. Cara mendapatkannya pun sangatlah mudah, kita hanya cukup membuktikan kalau domain tersebut adalah milik kita, jadi nanti mereka mengirim validasi ke alamat email yang tercantum pada WhoIs atau misal ke alamat email webmaster@example.com.

Untuk yang versi gratis tidak mendukung multi domain serta wildcard SSL, jadi hanya mengamankan misal www dan non www dari domain/subdomain kita. Jika kita memerlukan fitur multi domain serta wildcard maka kita harus membayar $59/tahun, kelebihannya selama 1 tahun tersebut kita bisa memiliki sertifikat SSL yang tak terbatas yang tiap sertifikatnya berlaku selama dua tahun.

Sebagai contoh forum Bersosial.com menggunakan versi yang berbayar (Identity Validation). Segera dapatkan sertifikat SSL gratis kamu dengan mengunjungi halaman StartSSL™ Free.

Baca: Let's Encrypt: SSL Gratis.


Author: Danang Probo Sayekti

A self-proclaimed geek, business owner, and part-time blogger.

Comments on “Sertifikat SSL Gratis dari StartSSL”