XenForo: Salah Satu Forum CMS Terbaik

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan nama phpBB, myBB, ataupun vBulletin yang merupakan perangkat lunak Content Management System untuk membangun sebuah forum, ada yang harganya gratis serta berbayar. Dari sekian banyak CMS sejenis, ada satu CMS yang menarik perhatian saya yaitu XenForo.

Xenforo

XenForo dikembangkan oleh bekas lead developer vBulletin yaitu Kier Darby, dan Mike Sullivan. Ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP, untuk framework yang digunakan adalah Zend Framework.

Pemilik asli vBulletin, Jelsoft telah diakusisi oleh perusahaan asal Amerika yaitu Internet Brands pada tahun 2007. Ketidaksetujuan muncul antara manajemen baru dengan para lead developer pada rilis mayor vBulletin 4.0. Para developer ingin menulis ulang semua kode supaya vBulletin menjadi CMS yang lebih baik akan tetapi pihak manajemen tidak menyetujuinya.

Konflik internal inilah yang menyebabkan pada tahun 2009 banyak developer mengundurkan diri kemudian membuat CMS tandingan yaitu XenForo. Versi beta pertama dirilis pada bulan Oktober 2010, sedangkan versi stabil yaitu XenForo 1.0 dirilis pada 8 Maret 2011.

Sebelum versi stabil dirilis, pihak Internet Brands sempat menuntut XenForo, mereka mengklaim kalau semua kode dari XenForo merupakan kode dari vBulletin yang telah ditulis ulang. Pada 28 Februari 2011, XenForo mengumumkan kalau masalah hukum dengan Internet Brands sudah terselesaikan.

Meskipun masih terbilang baru akan tetapi XenForo cepat sekali populer. Salah satu contoh forum besar yang bermigrasi menggunakan XenForo dari vBulletin adalah Digital Point. Untuk perbandingan, bisa kita lihat forum populer menggunakan vBulletin yaitu Warrior Forum.

XenForo merupakan CMS berbayar dan untuk harga hanya sekitar 200 USD.

Update: forum saya Bersosial.com sekarang pun sudah beralih menggunakan XenForo.


Author: Danang Probo Sayekti

A self-proclaimed geek, business owner, and part-time blogger.

Comments on “XenForo: Salah Satu Forum CMS Terbaik”