Pertanyaan Seputar Permintaan Rekonsiderasi

Di forum Google webmaster ada banyak sekali pertanyaan tentang permintaan rekonsiderasi. Berikut beberapa pertanyaan umum yang disertai rekomendasi penyelesaiannya oleh Google.

Kapankah waktu yang tepat untuk mengajukan rekonsiderasi?

Jika situs kamu melanggar Google Quality Guidelines atau pernah melakukannya dimasa lalu, maka tindakan secara manual oleh tim spam Google akan dilakukan. Kamu bisa mengetahui adanya pelanggaran yang kamu lakukan lewat notifikasi di Google Webmaster Tools, atau mungkin dari pemilik sebelumnya. Supaya bebas dari hukuman ini, pertama pastikan kalau situsmu sudah tidak melanggar peraturan Google, setelah itu baru mengajukan permintaan rekonsiderasi.

Haruskah saya mengajukan permintaan rekonsiderasi jika saya berpikir bahwa situs saya terpengaruh oleh perubahan algoritma?

Permintaan rekonsiderasi ditujukan bagi situs-situs yang dihukum secara manual oleh tim spam Google. Jika situs kamu terpengaruh oleh perubahan algoritma maka tim spam Google tidak melakukan tindakan secara manual jadi kamu tidak perlu melakukan permintaan rekonsiderasi. Tapi jika kamu tidak yakin apakah penurunan ranking yang terjadi dikarenakan perubahan algoritma atau bukan, maka melakukan permintaan rekonsiderasi pun tidak apa-apa.

Berapa banyak informasi yang perlu saya sediakan?

Memberikan informasi yang sedetil-detilnya ketika proses rekonsiderasi akan mempercepat tindakan yang dilakukan oleh tim spam Google, dan porsentase kesuksesannya pun tinggi karena dengan informasi yang lengkap maka akan sangat membantu tim dari Google mengetahui permasalahan sebenarnya dengan baik.

Berapa lama proses rekonsiderasi ini berlangsung?

Permintaan rekonsiderasi untuk situs-situs yang terkena hukuman secara manual akan diteliti langsung oleh tim spam Google. Biasanya akan memakan waktu beberapa hari, tapi karena ini adalah tindakan manual maka kapan proses rekonsiderasi akan berakhir tidak bisa dipastikan.

Sumber: Webmaster Central Blog.


Author: Danang Probo Sayekti

A self-proclaimed geek, business owner, and part-time blogger.

Comments on “Pertanyaan Seputar Permintaan Rekonsiderasi”